ads

Minggu, 27 Mei 2018

Modul Pelatihan Guru Kurikulum 2013 Semua Mata Pelajaran

Memperhatikan perkembangan perbaikan Kurikulum 2013, maka diperlukan beberapa contoh praktis yang dibutuhkan guru untuk dapat mengimplementasikan Kurikulum 2013 dengan tepat yang berkaitan dengan pembelajaran dan penilaian, serta unsur penunjang lainnya. Untuk membantu guru dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 tersebut, maka Direktorat PSMA menyusun Modul Pelatihan Guru yang berisi petunjuk atau panduan, contoh praktis untuk setiap mata pelajaran.

Modul ini terdiri atas 4 (empat) seri modul yang disusun sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan guru dalam melaksanakan Kurikulum 2013 sesuai dengan konsep dan pelaksanaannya. Masing-masing modul terdiri atas uraian singkat materi, fokus modul, penugasan, dan refleksi.
Modul-modul tersebut adalah;

  1. Modul 1: Analisis Kompetensi, Materi, Pembelajaran, dan Penilaian 
  2. Modul 2: Perancangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 
  3. Modul 3: Praktek Pembelajaran dan Penilaian 
  4. Modul 4: Praktek Pengolahan dan Pelaporan Penilaian Hasil Belajar.
Dengan adanya modul ini guru diharapkan mempunyai kemampuan;
  1. Mengembangkan keterampilan guru dalam menyiapkan perangkat pembelajaran yang menguatkan karakter peserta, kemampuan berliterasi, serta pengembangan keterampilan Abad 21 sesuai dengan Kurikulum 2013.
  2. Mengembangkan kemampuan guru dalam memfasilitasi pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang menguatkan karakter peserta didik, kemampuan berliterasi, HOTS, serta pengembangan keterampilan Abad 21 sesuai dengan Kurikulum 2013.
  3. Meningkatkan kecakapan guru dalam mengembangkan program/aktivitas pembelajaran dengan mensinergikan tiga pusat pendidikan dan tiga jalur pendidikan (menggali dan memanfaatkan sumber-sumber belajar yang ada di sekitarnya).
  4. Meningkatkan kecakapan instruktur Bimtek Kurikulum 2013 dalam menyelengarakan Bimtek Kurikulum 2013 di wilayah tugas masing-masing.
Jika Anda membutuhkan modul ini silahkan diunduh dibawah ini;

Tidak ada komentar:

Posting Komentar