ads

Rabu, 01 Agustus 2018

Studi Kasus Aplikasi Dapodik 2018/2019

Studi Kasus Aplikasi Dapodikdasmen menjadi salah satu materi Pelatihan Operator Dapodik yang menimbulkan banyak pertanyaan dari para operator pada Juli 2018 lalu yang diselenggarakan di kota Malang. Berbagai pertanyaan muncul dari masalah melakukan regrestasi, generate prefil dan lain sebagainya bahkan sampai laman web dapodik yang gagal diload pun menjadi pertanyaan.
Studi Kasus Aplikasi Dapodik 2018/2019
Berikut rangkuman permasalahan dan pemecahan solusinya dari Studi Kasus Aplikasi Dapodikdasmen 2018/2019 yang dapat saya postingkan untuk Anda.

Apabila laman di web dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id mengalami kendala tidak menampilkan berita terbaru di browser laptop And silakan refresh dengan menekan tombol CTRL dan F5 bersamaan.

Kode Regrestasi

Kode registrasi bersifat unik dan tidak memiliki kesamaan antara sekolah satu dengan lainnya. Kesalahan dalam penginputan kode registrasi dapat menyebabkan gagal akses aplikasi dapodik. Pastikan semua sekolah memiliki kode registrasi aplikasi dapodik

Peringatan! Jangan pernah mereset kode registrasi milik sekolah apabila tidak ada permintaan dari operator sekolah karena akan menyebabkan operator sekolah tidak dapat melakukan sinkronisasi.

Gagal Registrasi dan Generate Prefill

Gagal Registrasi dan Generate Prefill
Penyebab:
  • Username dan password tidak sesuai
  • Kode registrasi salah ketik
Solusi:
  • Operator sekolah memastikan kesesuaian data username dan password kepada kkdatadik di dinas pendidikan.
  • Operator kkdatadik melakukan reset password jika diperlukan.
  • Pada kasus tertentu kadang terjadi karena data penambahan atau perbaikan pengguna belum masuk di server utama sehinga dinilai tidak sesuai, silakan ditunggu 1x24 jam setelah melakukan poin di atas.

Registrasi Berhasil namun tidak bisa login

Penyebab:
  • Terdapat akun operator lebih dari 1 dengan email yang sama
Solusi:
  • Operator kkdatadik memastikan bahwa akun operator sekolah yang aktif hanya 1 , kemudian akun yang lainnya harap dinonaktifkan

Registrasi Berhasil login hanya muncul GTK

Registrasi Berhasil login hanya muncul GTK
Penyebab:
  • Akun operator sama persis dengan akun GTK (username dan password)
Solusi:
  • Operator kkdatadik mereset username dan password akun operator, pastikan berbeda dengan akun GTK

Tidak bisa login peserta didik

tidak bisa login peserta didik
Penyebab:
  • Akun login peserta didik tidak berfungsi 
Solusi:
  • Akses menu Pengaturan ⇛ manajemen pengguna ⇛ masukan kodereg ⇛ pilih menu Buatkan login untuk PD
  • Username menggunakan NISN dan Password menggunkan tanggal lahir (tahun-bulan-tanggal)

PTK Hilang

PTK Hilang
Penyebab:
  • Salah pilih sekolah non-induk saat merger PTK di vervalptk, sehingga data PTK dinonaktifkan
Solusi:
  • Kirim email ke tim helpdesk dapodik di info.dikdasmen@kemdikbud.go.id dapo.dikdasmen@kemdikbud.go.id

Data PTK tidak ditemukan saat TARIK PTK

Data PTK tidak ditemukan saat TARIK PTK
Penyebab:
  • Terlalu banyak parameter pencarian yang diinputkan
  • Kata kunci salah saat pencarian
Solusi:
  • Cukup isi salah satu parameter cari misal nama saja atau nuptk saja

Tidak bisa konfirmasi TARIK PTK

Tidak bisa konfirmasi TARIK PTK
Penyebab:
  • Gagal push data ke server utama (time out)
Solusi:
  • Telah dibuatkan tools untuk membantu konfirmasi Tarik PTK di akses manajemen kkdatadik dinas pendidikan

Salah Input NUPTK (Terkunci)

Salah Input NUPTK (Terkunci)

Penyebab:
  • Salah input saat pertama kali tambah data GTK
Solusi:
  • Lakukan sinkronisasi, jika terdapat perbedaan antara arsip NUPTK dan inputan di Dapodik maka dalam menu validasi pusat akan terbaca status invalid. Sehingga kuncian data NUPTK dibukakan. Lakukan edit data NUPTK di aplikasi dapodik
  • Operator Sekolah melakukan verifikasi melalui VervalPTK dengan mengajukan perubahan data.
  • Operator kkdatadik mengapprove permohonan perubahan data yang diajukan pihak sekolah 
  • Apabila masih belum terproses perubahannya silakan hubungi tim helpdesk dapodikdasmen

Status BOS berubah menjadi tidak

Status BOS berubah menjadi tidak
Penyebab:
  • Belum mengisi data periodik sekolah
Solusi:
  • Operator sekolah mengisi data periodik sekolah di data Rincian Sekolah. Pastikan pilih “Ya” pada status menerima BOS.
Terkadang permasalahan mungkin saja berbeda disetiap tempat. Ini beberapa materi dari narasumber tentang pelatihan DAPODIK di Malang. Semoga dapat menambah referensi kita.
Materi 1
Materi 2
Materi 3
Materi 4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar